0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makan Makanan Yang Sama Setiap Hari, Amankah?

Makanan sehat. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net–Jika menu makanan Anda selalu sama setiap hari, tubuh Anda mungkin akan mengalami masalah. Sebuah penelitian terkini yang dipublikasikan di Journal of Nutrition menyatakan orang yang makan makanan yang sama terus menerus cenderung kurang sehat.

Dalam penelitian itu, peserta penelitian yang mengkonsumsi berbagai makanan, 21 persen jarang menderita sindrom metabolisme. Sindrom ini merupakan kumpulan kondisi diantaranya tekanan darah tinggi, gula darah tinggi atau peningkatan lemak tubuh yang meningkatkan resiko terkena diabetes dan serangan jantung.

Mereka yang gemar makan berbagai makanan juga memiliki resiko lebih rendah untuk terkena tekanan darah tinggi, dan memiliki lingkar pinggang yang sehat.

“Dengan lebih sedikit pilihan, kecenderungan kita untuk makan makanan sehat berkurang,” kata penasehat nutrisi majalah Men’s Health Alan Aragon, M.S.

Oleh karena itu disarankan untuk makan berbagai jenis makanan: buah, sayuran, gandum utuh, produk susu rendah lemak, protein baik dan lemak baik. Dan usahakan mengkonsumsi berbagai jenis makanan itu setiap hari, saran Aragon.

Dan setiap dua minggu sekali cobalah ubah menu Anda lagi dari kelompok makanan yang sama. Misalnya bila Anda sering makan nasi putih, cobalah ganti dengan beras merah. Dan dua minggu kemudian, gantilah dengan sumber karbohidrat lain.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge