0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Dorong Komunitas Sediakan Lahan Makam

Dok.Timlo.net/ Nanang
Makam (Dok.Timlo.net/ Nanang)

Solo – Pemerintah Kota Solo mendorong komunitas-komunitas dan yayasan tertentu untuk bisa menyediakan lahan pemakaman bagi anggota mereka. Hal ini dilakukan lantaran semakin menipisnya lahan pemakaman aktif yang ada di Kota Bengawan.

“Kami mendorong yayasan dan komunitas tertentu, misalnya seperti Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) untuk bisa menyediakan lahan pemakaman sendiri,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota
Solo, Hasta Gunawan, Senin (18/5).

Hasta mengatakan, lahan pemakaman yang dimiliki Pemkot Solo, yakni Daksinoloyo, Untoroloyo, Purwoloyo, Bonoloyo, Pracimaloyo, kondisinya sudah hampir penuh dan memerlukan perbaruan. Perbaruan yang dimaksud adalah pendirian makam tumpuk bagi keluarga, dan pemanfaatan lahan pemakaman yang sudah tidak pernah dirawat oleh pihak keluarga.

“Misalnya ada makam yang sudah 10 tahun tidak dikunjungi dan dirawat keluarga, bisa saja itu kita aktifkan lagi untuk dipakai memakamkan orang,” katanya.

Namun, hal itu urung dilakukan lantaran masih terkendala payung hukum. Dia mengungkapkan diperlukan payung hukum berupa peraturan daerah (Perda).

“Belum ada perda yang mengatur tentang hal itu, karenanya hal itu belum bisa dilakukan. Selama ini yang bisa kami lakukan hanya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki keluarga untuk bisa melakukan sistem makam tumpuk ini kepada keluarganya yang meninggal,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge