0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tank Rusia Ini Dikendalikan Dengan Stik PlayStation

Dok: Timlo.net/ Slashgear
ilustrasi (Dok: Timlo.net/ Slashgear)

Timlo.net—Kendaraan bersenjata baru milik Rusia, Kurganets-25 dikendalikan dengan sebuat alat unit. Kendaraan militer milik negara itu dikendalikan oleh sebuah alat yang mirip dengan stik PlayStation (PS). Kurganets sendiri merupakan kendaraan baru, perpaduan antara truk bersenjata dan tank.

Kenapa dikendalikan dengan stik PS? Albert Bakov, vice president dari pabrikan Tractor Plants menjelaskan, “Saya menghabiskan waktu dua tahun untuk menyakinkan para desainer untuk membuat konsol serupa dengan stik Sony PlayStation, untuk mempermudah seorang prajurit muda untuk akrab dengan kendali tank itu.”

“Karena ternyata, roda stir tank berbahaya untuk rusuk bila terjadi tabrakan dan saat memanjat keluar tank. Stir itu memakan lebih banyak ruang tapi tidak begitu bermanfaat,” tambahnya.

Tidak ada foto tentang stik PS yang digunakan untuk mengontrol tank itu. Kendaraan militer baru itu sendiri dilengkapi canon 30mm, sebuah senjata mesin, dan empat misil. Tank ini muncul kali pertama saat parade perayaan kemenangan Perang Dunia 2. Tank ini sedang dievaluasi dan diharapkan untuk memasuki produksi massal pada 2016.

Tank yang dikendalikan stik PS ternyata bukan cuma milik Rusia. Pada 2014 beredar video di mana pasukan pemberontak Suriah membuat tank modifikasi dan mengontrolnya dengan stik PS. Tank ini buatan mereka sendiri dan wujudnya lebih menyerupai kotak logam raksasa berkarat. Mereka menyebut tank ini “Sham II”.

(Berbagai sumber).

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge