0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perlu Upaya Khusus Tingkatkan Pendidikan Guru

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar Meningkatkan Kualitas Pendidik untuk Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif dan Kompetitif di Era Globalisasi, yang digelar FKIP UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Peneliti Utama Balai Bahasa Propinsi DIY, Tirto Suwondo menyatakan, kata ‘profesional’ yang seharusnya melekat pada guru sebagaimana dituntut UU No 14/2005 belum terpenuhi.

“Hal ini sejalan dengan sekian banyak penelitian yang menyatakan pemberian tunjangan sertifikasi tidak korelatif dengan keberhasilan pendidikan,” ungkap Tirto pada Seminar Meningkatkan Kualitas Pendidik untuk Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif dan Kompetitif di Era Globalisasi, yang digelar FKIP UMS, di Kampus Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Senin (18/5)

Oleh karena itu, tegas Tirto, perlu ada upaya khusus bagi pendidikan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Upaya apa yang mesti diperbuat? Salah satu dari sekian banyak upaya yang dapat dilakukan, menurut Tirto, ialah menjadikan membaca menganalisis-bekreasi-menulis sebagau tradisi yang tak berkesudahan.

“Sebab, kalau tidak, rasanya dosa besar, terlebih bagi kita, orang-orang yang terlanjur kecemplung ke dalam komunitas bahasa dan sastra,” ujarnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge