0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Posisi Tubuh Eri Yunanto di Dalam Kawah Sedalam 300 Meter

170515 Pendaki terpeleset dan jatuh ke kawah Merapi, Eri Yunanto,mahasiswa Admajaya, sempat berfoto sebelum mendaki Gunung Merapi
Eri Yunanto, pendaki yang terpeleset di Kawah Merapi ()

Boyolali – Upaya pencarian korban terjatuh ke Kawah Merapi mulai menemukan titik terang. Eri Yunanto (21), mahasiswa Atmajaya asal Sleman, Yogyakarta, terpantau melalui rekaman drone atau pesawat tanpa awak yang digunakan untuk pencarian berada di dasar kawah sedalam 300 meter.

Komandan SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo menjelaskan, posisi korban teridentifikasi sekitar pukul 14.30 WIB tadi melalui rekaman drone. Untuk memastikan hasil penginderaan drone tersebut, pihaknya juga turun ke dalam bibir kawah sedalam 40 meter untuk memastikan posisi korban dengan menggunakan teropong.

“Posisinya terlalu dalam, kita hanya bisa melihat belum bisa mendekat,” ujarnya, Minggu (17/5) malam.

Meski posisi sudah teridentifikasi, pihaknya tidak bisa langsung melakukan evakuasi terhadap korban. Mengingat kondisi medan yang sangat berbahaya bagi tim evakuasi, sehingga diperlukan perencanaan metode evakuasi dan persiapan peralatan yang matang.

Selain itu, karena tim belum mendekat ke posisi korban, pihaknya belum bisa memastikan apakah ia masih hidup atau sudah meninggal.

“Kondisi korban belum bisa dipastikan menunggu proses evakuasi,” tambahnya.

Untuk proses evakuasi selanjutnya, saat ini masih dilakukan evaluasi dan persiapan untuk proses evakuasi yang akan mulai dilakukan Senin (18/5) pagi besok.

“Kita akan berusaha untuk bisa mengevakuasi korban,” tegas Fajar.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge