0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Solo Bentuk Relawan Siaga Bencana

Deklarasi PMR (Timlo.net - Daryono)

Solo – Palang Merah Indonesia (PMI) Solo membentuk Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di tiga kelurahan di Solo. Tiga kelurahan itu yakni Semanggi, Sangkrah dan Sewu.

“Di Solo, kita melatih Semanggi, kemarin sudah selesai. Pelatihan selama tiga bulan. Habis ini, Sangkrah dan Sewu,” kata Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto kepada wartawan di sela Deklarasi Palang Merah Remaja (PMR) di Lapangan Kota Barat, Minggu (17/5).

Menurut Sumartono, Sibat merupakan dukungan oleh lembaga donor terhadap tanggap bencana tiga sungai di Indonesia yakni Sungai Ciliwung, Cisadane dan Bengawan Solo. Untuk Sungai Bengawan Solo, di Jawa Tengah yang mendapat dukungan ialah Solo dan Wonogiri. Sementara di Jawa Timur diberikan pada Bojonegoro.

“Program ini berkelanjutan sampai dua tahun. Per kelurahan 50 orang. Mereka dilatih melakukan pertolongan gawat darurat, bagamana mereka melakukan penangan banjir, tempat yang bisa untuk mengungsi dan apa yang dibutuhkan mereka bisa langsung komuunikasi,” terang dia.

Lantaran berada di kawasan aliran sungai, Sumartono menambahkan Sibat lebih difokuskan pada kesigapan menangani banjir. Meskipun pelatihan yang diberikan tidak hanya pada penanganan banjir.

“Tidak hanya tanggap bencana banjir. Tetapi karena aliran DAS (Daerah Aliran Sungai), kali ini lebih concern ke penanganan banjir,” ujar dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge