0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMR Bisa Gantikan Relawan PMI

Timlo.net - Daryono
Deklarasi PMR (Timlo.net - Daryono)

Solo – Ribuan pelajar mendeklarasikan diri sebagai Palang Merah Remaja (PMR) di Lapangan Kota Barat, Minggu (17/5). Melalui deklarasi PMR itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Solo berharap jiwa kepedulian bisa ditanamkan sejak dini.

“Mereka juga bisa menggantikan relawan-relawan yang ada di PMI saat ini,” kata Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto kepada wartawan di sela acara.

Deklarasi PMR itu dihadiri Wakil Bendahara PMI pusat Dwi Hartanto, Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI pusat Muhammad Muas dan Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto. Deklarasi juga dihadiri Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Sumartono melanjutkan, dengan deklarasi PMR itu, saat ini terdapat 10 SD, 70 SMP dan 80 SMA/SMK yang sudah terbentuk PMR. Jumlahnya bervariatif tergantung minat siswa di masing-masing sekolah.

Ditanya mengapa deklarasi PMR baru dilakukan hari ini sementara keberadaan PMR sudah lama ada, Sumartono menyatakan infrastruktur PMI dibentuk secara bertahap. Deklarasi PMR kali ini sebagai bagian penyiapan sumber daya manusia (SDM).

“Setelah beberapa sarana kita bangun, ada ambulance, ada Griya PMI Bahagia, Griya PMI Lansia, kali ini SDMnya kita siapkan,” terang dia.

Wakil Bendahara PMI pusat, Dwi Hartanto mengatakan semangat relawan harus dimulai sejak dini. PMI pusat mendukung sepenuhnya deklarasi PMR di Solo.

“Pusat mendukung dan berkomitmen secara nyata. Jiwa relawan memang harus ditanamkan sejak remaja,” ujar dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge