0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Nyalon Independen, Minimal Kantongi  66.437 Suara

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) Pilkada (dok.merdeka.com)

Sukoharjo — Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 8 Tahun 2015, calon independen dalam pilkada harus memperoleh dukungan 7,5 persen dari jumlah penduduk. Di Sukoharjo, dengan jumlah penduduk 885.823, masing-masing calon sedikitnya harus mendapat dukungan dari 66.437 suara.

“Jadi dengan minimal jumlah suara ini harus dibuktikan dengan fotocopy KTP dan surat pernyataan dukungan dari warga, dan akan diverifikasi oleh KPU,” kata Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, Sabtu (16/5).

Syarat minimal 7,5 persen ini mutlak harus dipenuhi oleh bakal calon untuk bisa ditetapkan sebagai calon. Persyaratan akan diverifikasi oleh petugas PPS dan akan diplenokan di tingkat PPK dan KPU, yang selanjutnya diumumkan pada 19 Juli 2015.

Bentuk dukungan juga bisa dilakukan secara kolektif sejak sekarang hingga pendaftaran nanti pada tanggal 11-14 Juni mendatang. Dicontohkan, jika dalam satu daerah ada 50 warga mendukung, cukup satu yang tanda tangan sebagai perwakilan dengan menyertakan 50 nama warga di dalamnya.

“Ini syarat mutlak jadi harus benar-benar dipersiapkan dengan cermat oleh calon yang akan maju dari jalur independen,” tandas Kuswanto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge