0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bubarkan Bulog, Ganti Dengan Lembaga Independen

merdeka.com
gedung bulog (merdeka.com)

Timlo.net — Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati menyarankan, kepada Presiden Joko Widodo untuk segera membubarkan Badan Usaha dan Logistik (Bulog).

Menurut Enny, Bulog selama ini rentan dengan praktik cari untung sendiri alias hanya menjadi sarang korupsi. Enny menyarankan pemerintah membentuk lembaga ketahanan pangan baru yang lebih independent.

“Untuk menjalankan peran lembaga buffer stock, harus lembaga yang tidak punya konflik kepentingan,” ujar Enny dalam diskusi di Restoran Gado-Gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu (16/5).

“Kita merekomendasikan bulog sekarang dibubarkan, membentuk kelembagaan, atau lembaga ketahanan pangan sekalian,” tambahnya.

Enny menilai dengan dibubarkannya Bulog dan dibentuk Lembaga Ketahanan Pangan oleh Pemerintah diharapkan persaingan di pasar terjadi secara sehat.

“Harus ada rekayasa kelembagaan, yang mampu perpanjangan tangan pemerintah. Menertibkan, pelaku ekonomi yang mendistorsi pasar,” jelasnya.

Enny menilai kinerja Bulog selama ini telah gagal dalam menertibkan harga pasar. Ketika musim panen, petani tetap dirugikan dengan rendahnya harga beras. Pemerintah diminta intervensi ketika musim panen, namun ini tidak pernah dilakukan Bulog.

“Yang dibutuhkan ada sebagai lembaga untuk mengurangi market value. Kegagalan pasar di mana, di sisi produsen petani, ketika panen raya harga jatuh. Harus ada intervensi pemerintah ketika panen, harus ada instrumen untuk memandu harga. Kecuali harga yang diserap di atas perekonomian,” tandas Enny.

[idr]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge