0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

105 Anak Meriahkan Wayang Bocah

Solo – Minat anak dan remaja dalam menggeluti budaya tradisional di Kota Bengawan tergolong tinggi. Hal itu dibuktikan dengan penyajian pagelaran Wayang Bocah di Pendapi Ageng Pura Mangkunegaran. Tak kurang dari 105 bocah turut berperan dalam pagelaran wayang dalam hajatan tahunan Mangkunegaran Performing Art 2015.

“Kalau minat dalam belajar tari tradisional di sanggar kami cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan jumlah murid yang terus meningkat setiap tahunnya,” ungkap bagian humas dan manajemen Sanggar Tari Suryo Sumirat Mangkunegaran, Esti Andrini.

Dalam gelaran yang berlangsung Jumat (15/5) malam, bocah-bocah dari tingkatan SD hingga SMP ini dengan apik membawakan lakon Mustakaweni. Pagelaran yang berlangsung selama satu jam ini mendapatkan banyak pujian dari penonton yang hadir.

Lakon ini menceritakan tentang niat Mustakaweni yang ingin membalas dendam terhadap Arjuna yang telah membunuh Bapaknya. Dengan licik Mustakaweni menyamar menjadi Gatutkaca dan bermaksud hendak mengambil pusaka Jamus Kalimasada dari tangan Ratu Drupadi. Namun karena kecurigaan Srikandi, niat Mustakaweni tersebut tidak terlaksana, hingga terjadi peperangan antara Srikandi dengan Mustakaweni. Saat Srikandi terdesak dan kuwalahan menghadapi Mustakaweni, datanglah Priyambada dan Punakawan yang menolong sehingga pusaka tersebut bisa direbut kembali.

“Persiapannya sekitar 3 bulan, dengan latihan intensif selama 1 bulan. Pemainnya cukup beragam tingkatan usia, mulai dari usia enam tahun hingga tiga belas tahun. Hal ini sangat menggembirakan kami para pelaku seni tradisi, karena banyak anak yang mau menggeluti dunia tari ini,” katanya.

Mangkunegaran Performing Art sendiri akan digelar selama dua hari hingga Sabtu (16/5). Dalam gelaran tahunan ini akan dipertontonkan pertunjukan wayang kulit pakeliran padat selama satu jam, dan peragaan busana tradisional khas Mangkunegaran.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge