0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenlu Dorong UMKM Indonesia Bisa Masuk ke Pasar Luar Negeri

timlo.net/setyo puji s
Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu, Sudirman Haseng saat melihat produk ekonomi kreatif milik UMKM di Balaikota (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) dorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar luar negeri. Pasalnya potensi ekonomi yang ada, banyak yang bisa digali dan dikerjasamakan dengan negara lain kususnya untuk kawasan Asia Pasifik.

“Kita dari Kemenlu sebenarnya ingin mengupayakan adanya jejaring yang berkesinambungan antara pengusaha, Pemda, Pemerintah Pusat dengan perwakilan asing yang ada di Indonesia. Sehingga dengan potensi yang ada ini harapan kita bisa melakukan kerjasama dengan negara lain,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu, Sudirman Haseng kepada wartawan, Jumat (16/5).

Ia menuturkan kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha UMKM Indonesia  untuk masuk kepasar luar negeri lebih karena tidak adanya keberanian dari pelaku usahanya. Oleh karena itu yang terjadi hanya memaksimalkan pasar dalam negeri.

“Memasuki pasar luar negeri itu memang perlu ketekunan dan keberanian. Sehingga tidak bisa sekali langsung untung. Sesekali rugi saya kira itu hal yang wajar, buktinya negara lain bisa kenapa kita tidak?,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk mendorong pelaku usaha Indonesia, pada dasarnya Kemenlu siap untuk memfasilitasi agar mereka bisa menjajagi pasar yang ada di luar negeri seperti di Korea, China, Australia, Papua Nugini, Laos, Kamboja maupun yang lainya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge