0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selamatkan BCB, Pemkot Gandeng JKPI

timlo.net/heru
Walikota Solo mengunjungi sejumlah bangunan Cagar Budaya dalam Jelajah Kota Pusaka (timlo.net/heru)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyambut baik pelaksanaan agenda Jelajah Kota Pusaka yang dilaksanakan hari ini Jumat (15/5) oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Pemkot menilai bahwa acara ini adalah metode kemitraan yang efektif bagi pemeliharaan sejumlah benda dan bangunan bersejarah yang masuk kedalam golongan Benda Cagar Budaya (BCB).

“Ini memang merupakan program kemitraan. Kenapa disebut demikian, karena pengelolaan BCB ini kan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga masyarakat akademisi, stakeholder, pelaku usaha dan lainnya juga,” ungkap Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK), Agus Witiarso, di Loji Gandrung, Jumat (15/5).

Agus menambahkan dengan adanya acara Jelajah Kota Pusaka ini, Pemkot dan JKPI berusaha menunjukkan kepada para peserta tentang apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Solo dan juga peran non goverment (Stakeholder dan Pengusaha) dalam melestarikan BCB. Selain itu, peserta Jelajah tidak hanya diajak untuk mengunjungi bangunan BCB yang ada di Kota Bengawan. Namun juga untuk mempelajari upaya yang dilakukan pemerintah Kota Solo untuk bisa menjaga keberlangsungan bangunan BCB ini, dengan bekerjasama dengan masyarakat, termasuk pemilik BCB.

“Selain kunjungan juga ada seminar nasional dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Wali Kota Solo, dalam langkah penyelamatan BCB dan Kemitraan,” Imbuhnya.

Sementara, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara ini penting bagi penyelamatan bangunan BCB. Selain sebagai upaya penyelamatan sejarah, hal ini juga bisa menghasilkan income bagi sektor pariwisata di tingkat Kota. Walikota juga mengajak Kabupaten dan Kota lain untuk ikut berpern aktif dalam penyelamatan BCB di daerahnya masing-masing.

“Selain menyelamatkan sejarah kan juga bisa mengasilkan pendapatan di bidang wisata, jadi mari kita semua turut aktif dalam penyelamatan ini. Saya berharap Wali Kota dan Bupati yang ikut dalam acara ini bisa melakukan upaya penyelamatan BCB didaerah masing-masing,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge