0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Distribusi Soal Ujian Sekolah Dikawal Ketat Polisi

dok.timlo.net/tarmuji
Polisi amankan naskah soal UN di Aula Kopendik Disdik Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Naskah Ujian Sekolah (US) untuk SD/MI di Kabupaten Wonogiri telah didistribusikan, Jumat (15/5) kemarin. Proses pendistribusian dikawal ketat pihak kepolisian untuk menghindari kecurangan dan kebocoran soal. Pihak Disdik Wonogiri menekankan, naskah soal UN langsung didistribusikan ke tempat penyimpanan akhir yakni di Unit Pelayanan Terpadu(UPT) Disdik di 25 kecamatan.

“Naskahnya diturunkan tadi jam 07.30 WIB. Mobil boks dibuka oleh kepala dinas, diturunkan, dipilah per kecamatan, kemudian dicek jumlah sekolah perkecamatan,sudah komplit lalu didistribusikan ke masing-masing UPT Disdik,” kata Suwanto, Kepala Bidang Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanan Dinas Pending Kabupaten Wonogiri.

Ditambahkan, naskah yang diterima Disdik sebanyak 820 kardus. Yang terdiri dari 813 kardus untuk SD/MI negeri dan swasta, 5 kardus untuk SLB dan 2 kardus untuk Kejar Paket A/ULA.

“Yang jelas, satu dus untuk satu sekolahan,” jelasnya.

Untuk Ujian Sekolah, tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam 25 persen soalnya dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan 75 persennya yang membuat tim dari propinsi. Sedangkan mata pelajaran yang lain seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dibuat oleh tim dari kabupaten.

“Sehingga bisa jadi soal-soal antar provinsi berbeda,” terangnya sembari mengatakan, peserta UN tahun ini sebanyak 813 sekolah dengan jumlah siswa 14.098.

Ujian Sekolah akan digelar Senin (18/5) sampai dengan Sabtu (23/5).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge