0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KRI Rigel Bersandar di Ibukota

foto: www.indomiliter.com
KRI Rigel (foto: www.indomiliter.com)

Timlo.net – Kapal pesanan Indonesia dari Perancis, KRI Rigel 993, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kedatangan alutsista baru TNI Angkatan Laut ini disambut oleh Kasal, Laksamana Ade Supandi dengan upacara kemiliteran.

Diketahui, kapal survei dan riset bawah laut itu dibuat di galangan kapal OCEA Les Sables dOlonne, Prancis merupakan salah satu dari dua kapal yang dipesan untuk memperkuat jajaran Dinas Hidro-Oseanografi TNI-AL. Berdasarkan kontrak pengadaan kapal, proses perampungan kapal kedua diperkirakan akan selesai September 2015 mendatang.

KRI Rigel 933 itu terbuat dari aluminium dengan bobot 515 ton, dengan dimensi panjang 60,1 meter dan lebar 11,3 meter. Kapal BHO produksi OCEA ini merupakan kapal survei dan pemetaan yang canggih karena dilengkapi dengan peralatan survei hidro-oseanografi terbaru, yang dapat digunakan untuk pengumpulan data sampai dengan laut dalam (deep water).

Kapal ini juga dilengkapi dengan Remotely Operated Vehicle (ROV), robot bawah air yang dilengkapi kamera bawah air, sehingga dapat memberikan informasi visual kondisi di dalam laut. Dengan ROV ini, Rigel mampu mengambil contoh material dasar laut sebagai bahan penelitian, dengan kemampuan sampai kedalaman 1000 meter.

Sebelum hadirnya KRI Rigel 933, andalan Dinas Hidro-Oseanografi TNI AL adalah KRI Dewa Kembar 932 untuk misi pemetaan bawah laut. Nama Rigel sendiri adalah nama bintang paling terang dalam rasi bintang Orion yang di Indonesia di sebut Lintang Waluku.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge