0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Didesak Terbitkan Perda Miras

timlo.net/agung widodo
Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sragen, Nur Muhammad. (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Ormas Islan mendesak Pemkab Sragen segera menerbitkan untuk segera menerbitkan peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang larangan peredaran minuman keras di lokasi tertentu.

“Semua ormas islam sepakat mendorong terbitnya Perda miras. Kami akan terus berkoordinasi dan menekan Pemkab dan DPRD agar perda miras segera terealisasi,” kata Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sragen, Nur Muhammad, Kamis (14/5).

Menurutnya, pembuatan Perda miras tidak perlu mengacu pada peraturan pemerintah pusat maupun Undang-Undang (UU). Tapi itu adalah wewenang masing-masing daerah. Hal itu berkaitan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang majemuk sehingga kultur daerah satu dengan lain berbeda..

“Misal seperti di Surabaya dengan penjualan miras hanya boleh di hotel berbintang. Sehingga peredarannya tidak untuk sembarang orang,” katanya.

Nur juga memahami sikap Polres Sragen yang tidak bisa memproses lebih lanjut penemuan miras tersebut karena milik distributor resmi yang berijin.

“Untuk itu, semua harus mengawal agar ada Perda untuk menekan peredaran miras terbit. Sehingga polisi ketika melangkah ada dasar hukumnya,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge