0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hama Kepik Serang Tanaman Kedelai

Hama kepik hijau serang tanaman kedelai siap panen (timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang panen raya kedelai di sejumlah daerah di Kabupaten Boyolali, petani diresahkan dengan serangan hama kepik hijau. Hama ini mengisap sari kedelai dan mengakibatkan buah menjadi busuk.

“Serangannya belum seporadis, tapi kalau dibiarkan ya bisa berakibat fatal,” ujar petugas penyuluh pertanian Kecamatan Musuk, Ismadi, Kamis (15/5).

Dijelaskan, dalam satu batang pohon kedelai, hama kepik ini jumlahnya bisa mencapai puluhan. Tanaman kedelai yang telah terhisap sarinya akan berwarna kuning, membusuk dan mengering,s ehingga tidak bisa dipanen. Ironisnya, hama ini menyerang saat kedelai menjelang tua.

“Untuk antisipasi kita semprot dengan pestisida,” imbuh Ismadi.

Disisi lain, salah satu petani kedelai Musuk, Parman (50), berharap serangan hama kepik hijau ini tidak meluas, sehingga tanaman kedelainya bisa panen dengan hasil maksimal. Apalagi saat ini, kedelai lokal harganya sedang melambung tinggi yaitu antara Rp 7.500 hingga Rp 8.000 perkilogramnya.

“Harganya lagi tinggi-tingginya, harapan kami panen bisa maksimal,” ujar Parman.

Dalam setahun, petani kedelai panen sebanyak satu kali. Mereka biasa menanam kedelai menjelang musim penghujan, untuk tahun ini dimulai bulan Februari lalu dan Mei ini merupakan panen raya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge