0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Patung Ganesha Ditemukan di Kediri

dok.merdeka.com
Patung Ganesha (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sebuah Patung Ganesha ditemukan di areal persawahan Dusun Mbaranan, Desa Pojo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Patung setinggi setengah meter terbuat dari batu andesit ini ditemukan dengan kondisi belalainya patah.

Warga yang menemukan patung tersebut, Sujari (50) mengaku menemukan patung ini saat membersihkan pohon tales yang ada pinggir sawahnya.

“Saat saya bersihkan ada amblesan tanah dan saat saya ratakan tiba-tiba saya temukan patung ini dan langsung saya bawa ke Situs Ndalem Pojok yang juga Situs Bung Karno,” kata Sujari, Kamis (14/5).

Penemuan patung Ganesha ini kontan menjadi tontonan warga sekitar. Sebelumnya kira-kira setengah tahun lalu juga ditemukan Lingga yang diperkirakan dari era Kerajaan Kediri di dekat lokasi penemuan.

Diketahui, Ganesha adalah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. Dalam relief, patung dan lukisan, Ganesha sering digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk.

Dia dikenal pula dengan nama Ganapati, Winayaka dan Pilleyar. Dalam tradisi pewayangan, dia disebut Bhatara Gana, dan dianggap merupakan salah satu putra Bhatara Guru (Siwa). Berbagai sekte dalam agama Hindu memujanya tanpa memedulikan golongan.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge