0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudah Tiga Tahun, Jumenengan Tak Dihadiri Raja

Prosesi Jumenengan (Timlo.net - Heru)

Solo – Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar acara Tingalan Jumenengan Dalem Paku Buwono XIII, Kamis (14/5) siang. Acara ini adalah peringatan ulang tahun pentahtaan Raja ke 11 tahun.

“Tingalan Jumenengan Dalem sudah dilaksanakan sejak tahun 2004, peringatan ini masih tetap sama seperti dulu dan tidak ada perubahan apapun.” Ungkap Wakil Pengageng Museum Keraton Kasunanan Surakarta, KPH Satriyo Hadinagoro.

Satriyo mengatakan seharusnya dalam peringatan ini Sinuwun PB XIII bisa hadir. Namun karena sinuwun dalam kondisi sakit, sehingga tidak bisa menghadiri perayaan itu.

Kehadiran sinuwun tidak bisa diwakilkan. Ini merupakan ketiga kalinya Sinuwun tidk menghadiri perayaan Tingalan Jumenengan Dalem.

“Kalau sinuwun tidak mios (keluar maka dampar-red) singgasana juga tidak dikeluarkan. Sinuwun itu tak mungkin diwakili. Dampar hanya akan keluar manakala sinuwun mios,” katanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam perayaan ini, dipertunjukkan tari Bedhaya Ketawang. Tarian ini merupakan tuntunan dan filosofo masyarakat jawa yang berisi panduan kehidupan, dari lahir hingga meninggal dunia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge