0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Terorisme, Ratusan Pelajar Diterapi Pemahaman Nasionalisme

timlo.net/tarmuji
Ratusan pelajar ikuti seminar wawasan kebangsaan (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Propinsi Jawa Tengah menggelar seminar sehari menangkal paham radikal dan terorisme. Kegiatan tersebut diikuti ratusan pelajar dan guru pembimbing (BP) di Kabupaten Wonogiri, Rabu (13/5).

“Radikalisme dan terorisme adalah suatu ancaman nyata terhadap kehidupan global saat ini. Dampak dari bahaya radikalisme akan mengakibatkan guncangan perekonomian yang luar biasa. Hal ini dikarenakan oleh perasaan yang tidak aman terhadap individu masing-masing,” ungkap Purwanto Kasubid Kesbangpolinmas Propinsi Jawa Tengah.

Dalam sosialisasi ini, pihaknya menggandeng dua narasumber dari Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng.

“Intinya, mengingatkan kepada para pelajar di Wonogiri ini agar dapat mempelajari agama kepada ahlinya. Selain itu, para pelajar juga diingatkan supaya tau dan mengenal cara atau metode perekrutan yang dilakukan paham radikalisme dan terorisme di kalangan pelajar,” jelasnya.

Dikatakan, dalam seminar ini, para pelajar diberikan pemahaman ideologi wawasan kebangsaan, supaya berani menolak dengan tegas bila diajak oleh seseorang untuk mengikuti kajian paham radikalisme dan terorisme. Selain berani tegas, para pelajar juga harus kritis apalagi dalam konteks agama.

“Kami harapkan mereka nanti dapat mentransfer anti radikalisme dan terorisme kepada teman dan orang-orang didekat mereka,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge