0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Orang Suka Melecehkan Orang Lain di Internet?

Cyber-Bullying-Photo2
(Ilustrasi) Cyber bullying. ()

Timlo.net—Internet menawarkan berbagai hal yang sangat menolong hidup kita. Tapi internet juga penuh dengan orang yang suka mengganggu orang lain hanya karena mereka menulis sesuatu yang berbeda dengan pendapat mereka.

Hal ini dialami oleh Melissa Anelli, seorang wanita yang berbagai kisah pelecehan dan teror online yang dialaminya kepada majalah Women’s Health. Mulai dari 2008 hingga 2014, seorang wanita bernama Jessica, mengganggu dia secara terus menerus. Jessica adalah seorang anggota situs penggemar Harry Potter yang dimoderasi Melissa. Karena suatu hal, Jessica didepak keluar dari situs itu.

Wanita itu membanjiri Melissa dan keluarganya dengan email, pesan-pesan di sosial media (sosmed) dan surat. Isi pesan Jessica beragam mulai dari permintaan supaya Melissa menaruh perhatian padanya hingga ancaman akan menggorok leher Melissa. Setelah enam tahun meneror Melissa, dia ditangkap polisi untuk kali kedua karena menyerang Melissa lewat internet. Dan semenjak itu, Jesicca tidak pernah mengkontaknya lagi.

Apa yang menjadi motivasi bagi seseorang yang hanya karena perseteruan kecil lewat status Facebook, hingga mengancam akan membunuh atau memperkosa? Robin Stern, Ph.D., seorang psikolog, associate director dari Yale Center for Emotional Intelligence dan konsultan cyber bullying Facebook berbagi pengetahuan tentang masalah ini.

Menurut survei Pew, dari lebih dari 5 ribu pengguna internet di Amerika Serikat (AS), 64 persen di antara diganggu oleh orang yang tidak mereka kenal. Survei yang sama menyatakan bahwa sebagian besar bullying terjadi di jejaring sosial. Tempat favorit kedua untuk pelecehan online ini terjadi di bagian komentar di sebuah situs.

Sayangnya tidak ada informasi demografis tentang orang-orang yang suka bertindak kasar di internet ini karena biasanya mereka adalah orang yang tidak dikenal para korbannya.

Tapi secara psikologis, para cyber bully ini tidak sama satu dengan yang lain. “Mereka memiliki kepribadian berbeda,” katanya.

Bahkan, ada beberapa alasan kenapa orang-orang ini menyerang orang lain di internet. Pertama, mungkin orang-orang ini tidak pernah belajar mengatur emosi mereka. Jadi saat mereka merasa terganggu dengan apa yang mereka lihat di internet, emosi mereka tidak terkontrol. Emosi mereka terus bertambah buruk hingga ada sesuatu yang menghentikan mereka.

Stern berkata di sisi lain, orang-orang ini mungkin bisa menguasai emosi negatif mereka. Tapi mereka tidak mau melakukannya karena konsekuensi kejahatan yang mereka lakukan secara online itu kecil. Bisa jadi mereka merasa senang melihat korban bullying marah, sedih atau ketakutan. Mereka merasa memiliki kendali dan kekuasaan saat mereka melukai orang lain di dunia maya. “Kadang-kadang, mereka harus terus mengganggu orang lain di dunia maya untuk mempertahankan rasa memegang kekuasaan itu,” terang Stern.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge