0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Kelamin, Apriyanti Jadi Apriyandika

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Seorang perempuan asal kaupaten Kebumen, Jateng, Apriyanti (24), melakukan operasi ganti kelamin menjadi seorang laki-laki. Berbekal putusan Pengadilan Negeri Kebumen yang mengabulkan permohonannya, ia langsung ganti kelamin. Kini namanya diubah menjadi Apriyandika.

“Waktu lahir memang perempuan, cuma lama-lama berubah, alat kelaminnya membesar. Sudah dioperasi juga,” kata petugas bagian umum PN Kebumen Agus Mardianto, Rabu (13/5).

Menurut Agus, selain faktor genetik alasan Apriyanti ganti kelamin juga untuk keperluan melamar pekerjaan. Dengan dikabulkannya permohonan, otomatis juga perlu mengubah ijazah atau surat-surat berharga lain yang berkaitan dengan Apriyanti.

“Otomatis ubah ijazah, dan itu sidang lagi. Yang diubah di antaranya Akte, ijazah, itu di pengadilan. Nanti kemudian ke capil (catatan sipil),” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Apriyanti sebagai perempuan berasal dari pernyataan dukun bayi yang membantu proses kelahirannya. Saat dilahirkan, organ reproduksi Apriyanti memang perempuan, tetapi lama kelamaan juga muncul benjolan seperti penis.

Dari jabang bayi sampai tamat SMK tahun 2010, Apriyanti dandan dan mengenakan pakaian perempuan. Surat-surat penting seperti KK, KTP, dan ijazah juga mencatatnya berkelamin perempuan.

Saat masa puber, Apriyanti mengaku buah dadanya tidak membesar, malah suaranya semakin berat seperti lelaki normal. Menyadari ada yang aneh dengan dirinya, akhirnya Apriyanti menceritakan kepada keluarganya. Hingga akhirnya diputuskan untuk operasi ganti kelamin.

Operasi ganti kelamin jadi laki-laki dilakukan di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, pada bulan April 2014. Hasil laporan medis juga menyebutkan bahwa Apriyanti punya 73 persen kromosom XY atau laki-laki.

Sebelumnya, Apriyanti gembira lantaran permohonannya untuk berganti status kelamin menjadi laki-laki dikabulkan PN Kebumen, Jawa Tengah.

Apriyanti pun sudah menyiapkan nama barunya yaitu Apriyandika. Nama laki-laki ini resmi dia gunakan begitu sidang mengabulkan permohonannya.

Secara fisik memang Apriyanti lebih cenderung laki-laki. Bentuk wajah, rambut cepak, berkumis dan memiliki jakun.

“Dia merasa laki-laki. Memang fisiknya kayak laki-laki, punya kumis juga,” lanjut Agus.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge