0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MediaTek Akan Rilis Chipset 10-Core Pertama

logo mediatek.
MediaTek. (Dok: Timlo.net/Android Authority.)

Timlo.net—Pertarungan untuk menyediakan smartphone tercepat memasuki babak baru dengan rilis chipset 10-core pertama. Chip ini menjanjikan kekuatan yang lebih dalam kinerja alat untuk para produsen smartphone besar di dunia.

MediaTek, grup teknologi Taiwan, Selasa (12/5) merilis prosesor seluler pertama dengan 10 inti. Padahal prosesor yang umumnya ditemukan pada smartphone high-end saat ini memiliki delapan inti.

Lebih banyak inti pada sebuah prosesor membuat smartphone memiliki tenaga yang lebih untuk bermain game, memutar video, mengambil foto dan merekam video beresolusi tinggi. Menyebar tenaga secara merata ke inti-inti itu juga memperpanjang usia baterai smartphone.

MediaTek berkata bahwa 10 inti juga akan menolong mengurangi penundaan saat beralih di antara berbagai aplikasi, pengalaman bermain game yang lebih halus dan pengolahan situs web yang lebih cepat.

Jeffrey Ju, senior vice-president MediaTek membandingkan hal ini dengan tambahan gear pada mobil. “Hal ini mirip dengan mobil dua gear menjadi mobil tiga gear,” katanya.

“Prosesor ini mengizinkan smartphone bekerja lebih efisien,” tambahnya.

MediaTek memperkirakan bahwa konsumsi tenaga akan berkurang hingga sepertiga, yang berarti baterai akan lebih awet atau frekuensi charging baterai berkurang. Chipset ini akan tersedia untuk produsen smartphone pada kuartal pertama 2016.

Kompetitor MediaTek seperti Qualcomm juga dikabarkan akan membuat chipset 10-core tahun ini. Produsen prosesor sudah lama merancang chipset yang memiliki kekuatan ekstra tanpa mengalami resiko kepanasan.

MediaTek berkata bahwa 10 inti akan dibagi menjadi tiga bagian untuk membuat kemampuan memproses lebih efisien. Setiap bagian dari tiga kelompok ini akan menangani tugas yang berbeda.

Sumber: FT.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge