0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Akan Bangun Prasasti Korban 98

FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pemerintah Kota Solo berencana akan membangun prasasti guna mengenang korban kerusuhan tahun 98. Namun pemkot berencana akan menelusuri dulu data mengenai jumlah korban dan tempat pemakaman korban kerusuhan itu.

“Kita cari dulu data pendukungnya, misal dari forensik saat itu, dan juga catatan pemakamannya. Kalau memang benar ya kita bikinkan prasasti sebagai peringatan agar peristiwa seperti itu tidak terulang kembali,” ungkap Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (12/5).

Pembangunan prasasti, menurut Rudy, bisa dilakukan setelah data-data mengenai jumlah korban dan keluarga korban telah lengkap. Dirinya telah menjalin komunikasi dengan komnas perempuan untuk bisa membangun prasasti peringatan itu.

“Nanti kalau datanya sudah komplit bisa segera dilaksanakan pembangunannya,” kata dia.

Sebelumnya Wakil Ketua Komnas Perempuan Yunianti Chuzaifah, Minggu (10/5) mengatakan bahwa dirinya mendesak kepada pemkot untuk membangun prasasti remorilisasi bagi korban tragedi 98. Pembangunan prasasti ini adalah bagian dari pemulihan korban melalui kehadiran negara sehingga keluarga merasa tidak ditinggalkan pemerintah.

“Pembangunan ini penting untuk merekam perjalanan sejarah indonesia. Saya sudah bertemu dengan walikota untuk membicarakan masalah ini,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge