0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo

Besok, Balon Walikota dan Wawali PDIP Jalani Tes

FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Dua bakal calon (balon) walikota dan lima balon wakil walikota PDIP Solo bakal menjalani tes tahap pertama di kantor Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Tengah, Rabu (13/5).

Dua balon walikota itu yakni Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo yang juga Walikota Solo dan Achmad Purnomo yang merupakan Wakil Walikota Solo. Sedangkan lima balon wakil walikota yakni Hartanti (anggota DPRD), Hilmy Akhmad Sakdilah (Ketua PCNU Solo), Rachmad Wahyudi (akuntan), Ginda Ferachtriawan (anggota DPRD) dan Her Suprabu (mantan Ketua KNPI Solo).

“Tes tahap pertama ini berupa wawancara. Nanti selanjutnya ada fit dan proper test. Tes ini berlaku bagi semua balon,” kata Wakil Ketua DPD Jawa Tengah, Maryuwono kepada wartawan, Selasa (12/5).

Menurut Maryuwono, tes wawancara untuk balon walikota dan wakil walikotota PDIP Solo dilakukan Rabu (13/5) pukul 12.30 WIB. Tes wawancara sudah dimulai Senin (11/5) kemarin hingga Rabu (13/5) mengingat tes wawancara tidak hanya untuk Solo tetapi juga seluruh daerah di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada.

Maryuwono menambahkan, hasil tes wawancara dan hasil fit and propertest akan menjadi masukan bagi DPP PDIP untuk menentukan rekomendasi  calon walikota dan wakil walikota. DPD juga melakukan survei elektabilitas sebagai dampingan masukan ke DPP.

“Hasil tes merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dan menjadi pertimbangan DPP dalam mengeluarkan rekomendasi. Untuk rekomendasinya akan dikeluarkan sebelum batas pendaftaran calon ke KPU, akhir Julli,” terang dia.

Hartanti, salah satu balon wakil walikota membenarkan dirinya menerima undangan tes wawancara, Rabu (13/5).

“Penjaringan tahap pertama ini, Rabu besok, berupa tes wawancara,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge