0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ibu Hamil Makan Dua Porsi Sebabkan Anak Obesitas

ibu hamil di pesawat
Wanita hamil (Dok: Timlo.net/Independent.ie.)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyatakan wanita yang mengalami penambahan berat badan secara signifikan selama kehamilan, bisa membuat anak terkena resiko obesitas atau berat badan berlebih.

Jarang berolahraga, makan berlebih dan gemar merokok selama hamil juga meningkatkan resiko anak menjadi gemuk saat berusia 8 tahun.

Untuk penelitian itu, para ilmuwan dari University of Texas and Harokopio University secara acak memilih lebih dari 5 ribu anak dari database nasional di Yunani. Mereka lantas mencocokkannya dengan database ibu anak-anak ini.

Catatan database menunjukkan indeks massa tubuh anak. Para peneliti melakukan wawancara lewat telepon dengan para ibu untuk mengumpulkan informasi mengenai kehamilan mereka. Berat badan yang tinggi, aktivitas fisik yang rendah dan merokok selama kehamilan, dihubungkan dengan obesitas saat anak berusia 8 tahun.

Akan tetapi, latihan intensitas sedang selama kehamilan bisa menurunkan resiko obesitas pada anak. “Ahli kesehatan menyarankan wanita tidak merokok dan berolahraga dengan intensitas sedang selama kehamilan untuk mencegah obesitas pada keturunan mereka di kemudian hari,” tulis para peneliti di jurnal BMC Pregnancy and Childhood.

Umumnya wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan antara 10 hingga 12,5 kg. Biasanya penambahan ini terjadi setelah minggu ke-20. Umumnya, pertambahan berat badan berasal dari pertumbuhan bayi. Tapi sang ibu juga akan menyimpan lemak, sebagai persiapan untuk memproduksi air susu ibu (ASI) saat bayi lahir.

Bila sang ibu hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan, akan ada masalah kesehatan juga karena resiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat rendah. Para dokter menyarankan wanita hamil tetap menjalani aktivitas fisik harian mereka selama mereka nyaman. Tapi mereka tidak boleh kecapekan.

Para ibu hamil yang jarang berolahraga bisa mulai berolahraga pelan-pelan. Di awali dengan olahraga 15 menit, tiga kali per minggu.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge