0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Megawati Kirim Utusan Khusus ke Kongres Demokrat

Megawati dan SBY (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tak bisa memenuhi undangan Partai Demokrat untuk hadir di pembukaan Kongres IV di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5) malam nanti. Namun, Megawati tetap akan mengirimkan pengurus partai ke hajatan besar partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

“Ibu Megawati menugaskan salah satu pengurus DPP Partai yang membawa surat tugas khusus, langsung ditandatangani ketua umum, untuk hadir di pembukaan Kongres Partai Demokrat,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (12/5).

Adapun alasan ketidakhadiran Megawati, ujar Hasto, karena agenda kepartaian yang padat setelah Kongres IV PDI Perjuangan di Bali awal April lalu. Menurutnya, hal ini pun sudah disampaikan dari awal, ketika Megawati menerima kunjungan dari petinggi Partai Demokrat di rumah Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Hasto menilai kedatangan Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hermanto yang secara langsung menyampaikan undangan pembukaan kongres, menunjukkan bahwa komunikasi politik antara kedua partai berjalan baik.

“Bahkan kerjasama politik telah berjalan baik di DPR dan MPR. Kedua partai menunjukkan sikap saling menghormati terhadap sikap politik dan kedaulatan politik masing-masing partai,” paparnya.

Menurut Hasto, dengan adanya utusan khusus dari ketua umum DPP PDIP itu, dan untuk pertama kalinya PDIP hadir dalam pembukaan Kongres Demokrat, menjadi modal penting dalam konsolidasi politik pemerintahan ke depan. Terlepas dari itu, kata Hasto, PDIP mengucapkan selamat atas pelaksanaan Kongres IV Partai Demokrat.

“Selamat melaksanakan kongres. Semoga tradisi kepartaian yang sehat semakin dapat diwujudkan, sehingga demokrasi di Indonesia tidak hanya semakin matang, namun mampu menunjukkan kualitas demokrasi yang semakin meningkat. Demokrasi yang berorientasi pada keadilan di ranah ekonomi diharapkan menjadi fokus dan orientasi partai politik ke depan,” pungkas Hasto. [gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge