0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Jajaki Kemungkinan Sister City Dengan New York

papan kota solo
(Dok: Timlo.net/ @kotasolo_fp)

Solo – Pemerintah Kota Solo akan menjalin kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York. Kerjasama tersebut mencakup empat bidang potensi Kota Bengawan, yakni perdagangan sektor jasa, pariwisata, investasi, dan tenaga kerja.

“Kita akan melakukan analisa terlebih dahulu tentang kerjasama ini, diharapkan kerjasama ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat baik Solo maupun New York,” ungkapnya, Senin (11/5).

Rencana ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan serangkaian analisa untuk mengetahui kesamaan, potensi, dan kebutuhan di masing-masing kota. Hal ini penting dilakukan karena pemkot tidak ingin kerjasama ini berakhir dengan tidak membawa hasil apa-apa.

“Seperti kerja sama sister city Solo dengan Montana, Bulgaria, kan tidak berhasil karena perbedaan kotanya jauh, maka itu kita lakukan analisa dulu,” ungkap dia.

Sementara Konsul KJRI New York, Winarto Adi usai melakukan pertemuan tertutup dengan Walikota mengungkapkan bahwa Walikota menyetujui empat program sasaran kerjasama. Selain itu, lanjut Winarto, dirinya juga akan membuat kajian dan analisa untuk mengetahui masing-masing kota.

“Kami berharap kajian ini bisa selasai Juni mendatang, sehingga bisa dilaksanakan kerjasama antar kota ini,” katanya.

Winarto menyampaikan bahwa bentuk kerjasama anatar kota ini berbeda dengan kerjasama sister city dengan pemerintah kota Montana, Bulgaria. Menurutnya kota Solo memiliki potensi bisnis yang sangat besar, namun belum terjalin kerjasama antar pelaku bisnis, sehingga terkesan berjalan sendiri-sendiri.

“Yang terpenting nanti adalah hasilnya bagi masyarakat kota Solo, bentuk kerjasama antar kota nantinya apa, akan kita pikirkan kedepan. Harapannya adalah kita bisa mendatangkan investor bagi Kota Solo,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge