0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Ekstreme, Relawan TNI Polri Petakan Daerah Rawan Longsor

timlo.net/putra kurniawan
Tim Gabungan RBS, TNI dan POLRI Petakan Titik Rawan Longor (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tim Gabungan dari relawan Rescue Batu Seribu (RBS), Kodim 0726 Sukoharjo dan Polres Sukoharjo melakukan pemetaan titik rawan longsor di wilayah Sukoharjo selatan. Perbukitan Gajah Mungkur, Desa Kamal, Kecamatan Bulu dan Desa Pundungrejo Kecamatan Tawangsari menjadi titik paling rawan terjadi bencana alam.

“Selain menginventarisir lokasi-lokasi yang rentan longsor, tim gabungan juga melakukan observasi di titik-titik rawan tersebut sebagai bahan untuk menyusun agenda mitigasi,” kata Komandan RBS, Triyatno, Senin (11/5).

Pemetaan dilakukan dengan tujuan mendapatkan data akurat terkait lokasi yang rentan longsor di wilayah perbukitan Gajah Mungkur di wilayah Bulu dan Tawangsari. Selain karena cuaca yang masih ekstrim dengan curah hujan yang cukup tinggi saat ini, perlu adanya tindakan pencegahan sedini mungkin.

Kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan masyarakat sekitar yang di harapkan menjadi sasaran langsung sosialisasi titik rawan longsor. Hal ini untuk menumbuhkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat akan terjadinya bencana.

“Kita juga libatkan masyarakat, agar masyarakat tahu sebesar apa rawannya, ancamannya dan resikonya agar menumbuhkan kesiapsiagaan mereka menghadapi kemungkinan adanya bencana longsor,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge