0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rudy Pastikan Pencairan Anggaran Pilkada Solo

dok.timlo.net/daryono
FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memastikan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo segera cair. Pasalnya, Rudy, sapaan Walikota, mengaku sudah menandatangani perintah pencairan hibah.

“Hari ini sudah saya tandatangani. Sudah bisa cair,” kata Rudy kepada wartawan, Senin (11/5) di gedung dewan.

Menurut Rudy, anggaran Pilkada sudah seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi Pemkot untuk tidak menyerahkan anggaran Pilkada ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo.

Adapun keterlambatan proses pencairan, lanjutnya, lebih disebabkan persoalan adminitrasi. Keterlambatan juga disebabkan kepastian pelaksanaan Pilkada yang sempat terjadi tarik ulur di pusat.

Sesuai yang tercantum dalam APBD 2015, anggaran Pilkada dialokasikan sebesar Rp 7 miliar. Kekurangannya bakal dialokasikan dalam APBD Perubahan 2015 mendatang.

Dihubungi terpisah, Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengaku belum mengetahui informasi sudah bisa dicairkannya anggaran Pilkada. Ia hanya dihubungi Bagian Pemerintahan yang menyatakan proses pencairan baru pada draft Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Mungkin yang ditandatangani itu baru Surat Keputusan (SK) Penerima Pencairan Hibah. Karena kalau NPHD harusnya KPU juga ikut tandatangan. Memang biasanya sebelum NPHD ada SK dulu,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge