0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur SSB Mulai Diperbaiki

timlo.net/nanin
Jalur wisata Solo Selo Borobudur yang rusak mulai diperbaiki (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Bina Marga Provinsi Jateng mulai melakukan perbaikan jalan rusak di jalur wisata Solo-Selo-Borobudur. Perbaikan meliputi berbagai aspek, seperti ruas jalan, saluran air dan infrastruktur pendukung lainnya. Sementara jembatan Genting, Cepogo, yang berada di tebing curam, saat ini dipasang tiang pancang sebagai penguat.

“Untuk ruas jalan yang rusak kita perbaiki dulu, yang paling parah kita dahulukan, ” ungkap Pengawas jalur SSB ruas Boyolali – Magelang Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, Sumarwan, Minggu (10/5).

Dijelaskan, pengerjaan perbaikan dan peningkatan kwalitas jalur wisata SSB sudah dimulai sejak sebulan terakhir dengan anggaran hampir senilai Rp 20 Miliar. Perbaikan jalur dilakukan total, yakni perbaikan ruas jalan, penataan saluran air dan irigasi di sepanjang jalur. Hingga perbaikan talud di lokasi yang dianggap rawan longsor. Termasuk diantaranya perbaikan gorong-gorong disepanjang jalur.

Untuk perbaikan ruas jalan, lanjutnya, total yang akan diperbaiki sepanjang empat kilometer, dimana ruas sepanjang tiga kilometer akan dibeton agar ketahanan dan kapasitas jalan meningkat. Rencananya ruas jalan di beberapa titik juga akan diperlebar. Saat ini, kondisi lokasi yang sulit menjadi kendala untuk perbaikan.

“Medan yang sulit membutuhkan waktu lama untuk pengerjaan,” imbuhnya.

Diprediksi perbaikan jalan SSB tersebut akan memakan paling lama sekitar satu tahun. Selain itu, untuk membuat jalan agar lebih tahan lama, betonisasi akan dilakukan lebih tebal. Untuk perbaikan tebing rawan longsor akan dilakukan dalam proyek yang berbeda.

“Kita sedang lakukan penataan tebing yang selama ini merupakan penyebab longsor,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge