0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, 3 Lokasi Rawan Longsor di Karanganyar

Timlo.net - Nanang
Lokasi longsor di Karanganyar (Timlo.net - Nanang)

Karanganyar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar memantau tiga lokasi baru rawan bencana longsor. Tiga lokasi yang teridentifikasi tersebut yakni Desa Gerdu di Kecamatan Karangpandan, Desa Koripan di Kecamatan Matesih, dan Desa Balong di Kecamatan Jenawi.

“Berdasarkan data yang kami peroleh, terdapat 28 rumah di Gerdu, 46 rumah di Koripan dan 7 rumah di Sipelem, Balong, yang terancam karena posisinya di atas retakan tanah,” ungkap Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Nugroho, kemarin.

Nugroho menambahkan, ketiga lokasi tersebut memiliki karakteristik dan kondisi yang nyaris sama, yakni berupa retakan tanah besar dan memanjang di lahan perbukitan. Apabila retakan tersebut kian menganga, praktis potensi bahaya akan semakin membesar dan mengancam warga setempat.

“Apabila hujan terus mengguyur, tentu akan meresap ke retakan tanah dan menimbulkan lubang yang kian menganga. Kalau seperti itu terus, maka lama kelamaan tanah akan ambles,” jelas Nugroho.

Untuk itu, BPBD meminta agar warga terus waspada terutama saat hujan turun dan angin kencang tiba. Khusus di wilayah Koripan, Nugroho pun menghimbau warga untuk mengurangi lahan persawahan dan membuat saluran pembuangan yang kedap air. Dengan demikian, rembesan air ke dalam tanah akan berkurang.

Pihak BPBD pub tengah menyiapkan langkah antisipasi untuk memetakan lokasi aman bagi evakuasi warga apabila bencana terjadi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge