0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wartawan Asing Segera Bisa Bebas Masuk Papua

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah Indonesia akan melonggarkan aturan pembatasan kunjungan warga asing ke Papua. Jurnalis Stasiun Televisi Aljazeera, Step Vaessen, mengungkapkan hal tersebut lewat akun twitter-nya @stepvaessen.

Dari penuturan Presiden Joko Widodo, Vaessen menyatakan pelonggaran aturan itu berlangsung mulai Minggu (10/5).

“Mulai besok semua jurnalis asing akan bebas ke Papua,” cuitnya hari ini, Sabtu (9/5).

Di sela lawatan lima hari (7-11 Mei) ke wilayah timur Indonesia, Jokowi menyambangi penjara di Papua. dalam kesempatan itu, RI-1 yang ditemani Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan grasi kepada lima tahanan politik yang dipenjara karena dituduh makar.

Para tersangka pembobolan gudang senjata di Kodim Wamena pada April 2003 ini dibui tanpa peradilan memadai. Mereka adalah Apotnalogolik Lokobal (20 tahun penjara di Biak), Numbungga Telenggen (seumur hidup di Biak), Kimanus Wenda (19 tahun di Nabire), Linus Hiluka (19 tahun di Nabire) dan Jefrai Murib (seumur hidup di penjara Abepura).

“Jokowi melonggarkan aturan ini dengan alasan pemerintah sekarang ingin menatap masa depan, bukan lagi terus memandang ke belakang,” kata Vaessen.

Pemerintah Indonesia tidak pernah secara resmi melarang wartawan asing meliput isu-isu Papua. Namun kenyataannya selama hampir dua dekade, permohonan visa para jurnalis dari luar negeri ke wilayah yang terpinggirkan itu selalu ditolak.

Sudah banyak kasus penangkapan wartawan asing oleh Polda Papua karena menyusup ke Papua memakai visa turis. Paling akhir adalah cerita ditahannya Thomas Dandois dan Valentine Bourrat pada 2014. Keduanya dihukum 2 bulan penjara.

International Federation of Journalist sudah berkali-kali mendesak Indonesia melonggarkan aturan itu. Tanpa ada kesempatan jurnalis asing melihat sendiri kondisi Papua, citra Indonesia justru akan jelek mengingat aparat kerap melakukan kekerasan pada warga sipil dengan alasan klise makar.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge