0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sebelum Lebaran, Rumah Relokasi Sudah Jadi

Warga menyiapkan relokasi mandiri (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pembangunan rumah relokasi korban tanah ambles tahap I di tiga Kecamatan di Karanganyar ditargetkan tuntas sebelum Lebaran.

Pembangunan kini tinggal menunggu regulasi setelah dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekitar Rp 1,9 miliar telah cair.

“Kalau rumah sudah jadi, diharapkan mereka bisa lebih nyaman saat Lebaran. Tidak seperti sekarang yang masih menumpang di rumah sanak saudara,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho, kemarin.

Terdapat 96 Kepala Keluarga (KK) yang masuk daftar relokasi tahap I. Yakni korban tanah ambles di Desa Menjing, dan Balong di Kecamatan Jenawi. Kemudian Desa Plosorejo, dan Gempolan di Kecamatan Kerjo serta Desa Tengklik di Kecamatan Tawangmangu.

Setiap rumah mendapatkan Rp20 juta dari pusat. Sementara, dana bantuan dari Pemkab Karanganyar sebesar Rp10 juta dan dari Pemprov Jateng Rp15 juta. Untuk dana dari kabupaten akan mendahului anggaran, dan dari Propinsi telah naik ke meja Gubernur dan tinggal menunggu persetujuan.
Rencananya, penyaluran bantuan berbentuk dana segar ke rekening penerima. Namun terlebih dahulu, penerima bantuan harus menyerahkan rencana anggaran belanja (RAB) ke BPBD. Setelah itu, BPBD meminta bank untuk mencairkan senilai yang diajukan.

“Ini untuk memudahkan membuat SPj (Surat Pertanggungjawaban) oleh BPBD. Sekaligus untuk mengontrol agar dana tidak dipakai di luar kepentingan relokasi,” tegasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge