0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamu, Produk Asli Indonesia

timlo.net/heru
Dirjen Standarisasi Perlindungan Konsumen Kementrian Perdagangan, Widodo. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota Purnomo saat minum jamu bersama (timlo.net/heru )

Solo – Seorang penjual Jamu Gendong menuangkan Jamu Beras Kencur ke dalam gelas. Gelas itu segera disambut oleh Dirjen Standarisasi Perlindungan Konsumen Kementrian Perdagangan, Widodo.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota Purnomo juga melakukan hal yang sama. Mereka menikmati Jamu dalam Festival Jamu peringatan Hari Konsumen Nasional (Hakornas) 2015 berlangsung meriah di Halaman Balaikota Solo, Jumat (8/5).

“Segar sekali setelah meminum jamu. Jamu ini merupakan produk asli Indonesia yang harus dilestarikan. Ini sejalan dengan kampanye pemerintah untuk lebih mencintai produk dalam negeri,” ungkap Dirjen Standarisasi Perlindungan Konsumen Kementrian Perdagangan, Widodo.

Acara peringatan Hakornas 2015 ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang memilih produk konsumsi yang sehat dan sesuai dengan standar nasional. Dalam sambutannya Widodo pentingnya memahami UU perlindungan konsumen. Konsumen harus mendapatkan penjelasan yang cukup tentang produk yang dibeli, jaminan mutu atas produk tersebut.

Selain itu, lanjut Widodo, acara ini juga untuk menjadikan konsumen cerdas dalam memilih produk, terutama menggunakan produk dalam negeri. Tujuannya meningkatkan harkat produk dalam negeri. Menurutnya, produk dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan produk impor.

“Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kita harus punya konsumen dengan rasa nasionalisme tinggi, agar produk kita tidak kalah dengan produk asing yang akan masuk ke Indonesia,” katanya.

Satu jam sebelumnya, beserta ribuan orang dari kalangan pelajar dan Pegawai Negeri Sipil lingkungan Balikota Solo, diadakan jalan sehat dan lomba belanja keluarga konsumen cerdas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge