0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KSAD : Prajurit Tak Bertanggung Jawab Harus Ditarik

timlo.net/agung widodo
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Gatot Nurmantyo (kanan) saat akan meninggalkan Markas Yonif 408/Suhbrastha, Jumat (8/5). (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Gatot Nurmantyo memberikan pembekalan kepada 500 personel Yonif 408/Suhbrastha yang akan diberangkatkan ke Maluku dan Maluku Utara pada pertengahan Mei mendatang, Jumat (8/5).

“Perlakuan kepada warga juga harus senantiasa humanis sebagaimana perlakuan kepada anggota keluarga sendiri. Anggap orang tua sebagai orang tua sendiri. Kalau ada anak kecil anggap sebagai anak sendiri, belikan permen kalau punya uang,” kata jenderal bintang empat ini.

Kasad mengharapkan kepada prajurit Satgas Yonif 408/Suhbrastha untuk menghindari kontak fisik di Maluku, sebab tidak ada musuh di sana. Kasad juga berpesan kepada seluruh prajurit untuk selalu menjaga nama baik TNI AD, salah satunya dengan mengenali budaya dan adat istiadat masyarakat setempat guna menghindari konflik.

Menurut Kasad, prajurit yang dikirim dalam operasi di Maluku dan Maluku Utara adalah prajurit pilihan yang terbaik. Oleh karena itu dia menegaskan, predikat baik itu tidak boleh dinodai oleh oknum prajurit yang tidak bertanggungjawab.

“Jika di lapangan prajurit tidak bertanggung jawab dalam bertugas, segera ditarik dari kegiatan operasi dan dikembalikan ke home base,” kata Gatot.

Sementara Komandan Yonif 408/Suhbrastha, Mayor (Inf) Andy Bagus Diyan Arika menambahkan, 500 prajurit yang akan dikirim ke Maluku dan Maluku Utara bertugas menciptakan suasana damai, mencegah konflik massa, mengantisipasi masalah SARA dan konflik sosial.

Menurut Danyon, pengiriman prajurit ke Maluku dan Maluku Utara adalah untuk menggantikan tugas Batalyon Artileri Medan (Armed) 13/ Nanggala Kostrad selama sembilan bulan.

“Mengenai jadwal pemberangkatan, masih menunggu petunjuk dari Mabes TNI,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge