0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Membahayakan, JPO Depan UNS Mendesak Dibongkar

Beton tiang penyangga JPO depan UNS yang hampir ambrol (timlo.net)

Solo – Jembatan penyeberangan orang (JPO) di jalan Ir Sutami, tepatnya depan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) dinilai sudah rapuh. Kalangan DPRD Solo mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) segera membongkar JPO.

“Saya mendapat laporan masyarakat soal kondisi JPO itu. Setelah saya cek kondisinya sudah sangat membahayakan,” kata Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto kepada wartawan, Jumat (8/5).

Menurut Honda, beton penyangga tiang jembatan sisi selatan tinggal separuh. Tidak hanya itu, sambungan tiang penyangga dengan badan jembatan juga sudah renggang. Honda khawatir getaran kendaraan bus dan truk yang lewat bisa membuat jembatan roboh.

Dari hasil konfirmasinya ke beberapa SKPD, Honda menerangkan, JPO itu bukanlah aset Pemkot. Meski demikian, Honda meminta Pemkot tidak menunggu pihak ketiga untuk melakukan pembongkaran.

“Ini urusan nyawa lho. Tidak perlu tanya kesana kemari punya siapa. Segera saja dibongkar demi keselamatan pengguna jalan,” bebernya.

Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno mengatakan JPO bukanlah aset Pemkot. Dulu, JPO itu dibangun oleh investor. Selain berfungsi untuk penyeberangan, JPO juga berfungsi sebagai papan reklame.

“Itu dulu sistem kontrak. Ketika kontraknya selesai semestinya dibongkar. Namun, DPPKA katanya akan menghubungi pihak ketiga untuk membongkar JPO,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge