0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

STIKES PKU Muhammadiyah Solo Gandeng UNICEF

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Weni Hastuti (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – STIKES PKU Muhammadiyah Solo bekerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menggandeng UNICEF menyelenggarakan pelatihan bagi relawan kemanusiaan, LSM dan para penggiat
penanggulangan bencana dalam rangka mengantisipasi dampak yang susul-menyusul di Indonesia, di Kampus STIKES PKU Muhammadiyah Solo, 4 – 9 Mei 2015.

“Tema yang diketengahkan adalah Infant and Young Child Feeding In Emergency Councelling Course, diikuti 42 peserta,” ungkap Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti kepada Timlo.net, Jumat (8/5).

Dijelaskan, kegiatan pelatihan seperti akan dibudayakan di STIKES PKU sebagai wujud pengabdian masyarakat kampus, disamping untuk terus menghidupkan atmosfir akademis di lingkungan kampus. ”Saat ini kami sendang membangun tempat yang representatif untuk kegiatan-kegiatan pelatihan maupun yang sejenis,” paparnya.

Ketua Panitia Anis Prabowo mengemukakan, latar belakang diadakannya pelatihan ini adalah tingginya angka kematian bayi saat terjadi bencana, yang pada umumnya disebabkan karena kondisi sanitasi yang buruk serta terputusnya pemberian ASI pada bayi, sehingga banyak bayi yang hanya diberikan makanan seadanya yang sangat minim standar hygienitasnya. Kondisi tersebut berdampak pada tingginya angka kejadian diare yang dapat berujung pada kematian.

Untuk itu pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan LSM maupun para
relawan kemanusiaan dalam kondisi bencana agar dapat memberikan konseling bagi para ibu dalam pemberian makanan pada bayinya secara tepat dalam situasi bencana.

Dalam pelatihan selama tiga hari tersebut, peserta mendapat materi pelatihan seputar pentingnya makanan bagi bayi dan anak–anak dalam kondisi bencana, cara menyusui yang efektif, cara monitoring tumbuh kembang, dan
ketrampilan konseling Infant and Young Child Feeding.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge