0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perbaikan Sejumlah Jalan di Solo Terkendala Anggaran

(Ilustrasi) jalan di Wonogiri (timlo.net/tarmuji)
Solo — Empat dari lima paket perbaikan jalan lingkungan tahun ini dipastikan baru bisa dikerjakan akhir tahun. Pasalnya, lelang empat paket jalan lingkungan itu terkendala belum adanya anggaran pengumuman lelang di media massa. Lelang baru bisa dilakukan setelah adanya anggaran pengumuman lelang di media massa yang akan baru akan diajukan dalam APBD Perubahan 2015 mendatang.
Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja Komisi II DPRD Solo dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Senin (4/5) lalu.

“Paket 1 anggaran Rp 1,8 miliar. Saat ini sudah lelang, sisanya belum bisa lelang,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Solo, Supriyanto kepada wartawan, Jumat (8/5).

Menurut Supriyanto, total anggaran perbaikan jalan lingkungan dalam lima paket sebesar Rp 7 miliar. Rinciannya, Paket 1 Rp 1,8 miliar, Paket 2 Rp 1,7 miliar, Paket 3,4 dan 5 masing-masing Rp 1,1 miliar.

Dari penjelasan DPU, lanjut Supriyanto, selain Paket 1 belum bisa dilelangkan. Hal itu disebabkan belum tersediannya anggaran pengumuman lelang di media massa. Padahal, pengumuman lelang di media massa itu menjadi syarat yang harus dipenuhi.

Kepala DPU Solo, Entah Sitaresmi mengatakan keharusan mengumumkan lelang di media massa merupakan kebijakan pemerintah pusat di awal tahun ini. Hal itu membuat pihaknya tidak menganggarkan biaya pengumuman lelang di media massa pada APBD 2015.

“Kebutuhannya tidak besar, sekitar Rp 5-6 juta. Nanti akan kami ajukan di APBD Perubahan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge