0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penghilangan Gelar Khalifatullah Sultan Disesalkan

Sri Sultan Hamengku Bawono X (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Dihilangkannya gelar Khalifatullah melalui Sabda Raja Sri Sultan Hamengku Bawono X menimbulkan polemik. Penghilangan gelar ini menimbulkan pro-kontra.

“Khalifatullah adalah puncak hierarki Islam, kalau Mataram Islam kehilangan itu, apa jadinya,” kata tokoh agama dari Yogyakarta, Kiai Muhaimin, kemarin.

Dia menyayangkan adanya penghapusan gelar tersebut, sebab implikasinya bisa merembet hingga kultur peradaban Islam di Indonesia. Dia pun berharap gelar tersebut tidak dihilangkan begitu saja karena memiliki makna penting.

“Sebaiknya tidak dihapus, khalifatullah itu substansi sekaligus fundamental bagi para kiai. Tidak saja untuk keraton, tapi ini juga yang menjadi benteng terakhir NKRI,” ujarnya.

Dia melihat, bahwa pengangkatan putri mahkota yang diprediksi akan menjadi raja, bukan semata-mata karena soal gender, tetapi juga soal suksesi dan kekuasaan.

“Bukan soal gender, saya ini mentor gender di pondok pesantren, jadi saya tahu. Tapi begini, kita ingin mendapatkan pemimpin yang terbaik, dan perempuan pun bisa mendapat peran yang sangat baik meskipun tidak menjadi pemimpin dan imam,” terangnya.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge