0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasuari Milik Walikota Solo Diserahkan ke BKSDA

dok.timlo.net/heru murdhani
Evakuasi burung Kasuari milik Walikota Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Enam anggota Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengevakuasi dua ekor burung Kasuari dari rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Kamis (7/5). Evakuasi ini
berjalan dramatis, lantaran burung endemik Papua ini tidak dibius sebelumnya.

Pertama, petugas berupaya menjinakkan burung setinggi 1 meter ini dengan memancingnya menggunakan buah pepaya, namun upaya ini gagal, karena burung itu tidak mau mendekat. Kemudian petugas berupaya dengan menebar jaring dan menangkap burung itu. Begitu terperangkap, sepasang Kasuari milik Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo itu langsung dimasukkan ke dalam karung berongga dan segera dibawa ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

“Memang sengaja tidak dibius, karena jika dibius justru akan membahayakan bagi burung itu sendiri,” ungkap Kepala BKSDA Jateng, Suharman, saat menilik langsung proses evakuasi.

Sebelumnya, Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, mengungkapkan bahwa dirinya menyerahkan burung yang telah dipeliharanya selama empat tahun itu kepada pihak BKSDA Jateng. Hal itu dilakukan lantaran Rudy menginginkan satwa langka ini bisa hidup bersama dengan satwa lain di kebun binatang.

“Selama ini dipelihara di Loji Gandrung, sudah sekitar lima tahun kita pelihara, kami serahkan kepada BKSDA untuk bisa dipelihara dengan lebih baik, karena binatang ini juga termasuk dilindungi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge