0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PGRI: Idealnya Pemerintah Biayai Seluruh Kegiatan Sekolah

Ketum PGRI
Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Sulistyo ()

Solo — Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Sulistyo menyatakan, pemerintah idealnya membiayai seluruh kegiatan sekolah sesuai kebutuhan sekolah yang dianggarkan dalam RAPBN.

“Sesuai Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, pemerintah wajib membiayai pendidikan setiap warga negara,” tandas Sulistyo di depan Seminar Nasional dengan topik Bedah Filosofi Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani digelar Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Solo dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Solo di Auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Kamis (7/5).

Sulistyo menyatakan, sesuai ketentuan dalam Undang-undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), kewajiban pemerintah bukan hanya membantu lembaga pendidikan negeri, melainkan juga kepada lembaga pendidikan swasta. Namun sejauh ini belum bisa direalisasikan dengan baik.

Menurut Sulistyo, biaya pendidikan sesuai peraturan pemerintah (PP), meliputi biaya investasi, personal, dan operasional. Sedang saat ini pemerintah baru bisa menyiapkan bantuan operasional sekolah (BOS). Jika mengacu pada ketentuan yang ada, istilah BOS adalah biaya operasional sekolah dan bukannya bantuan operasional sekolah.

“Kalau pemerintah belum mampu membiayai, tidak seharusnya pemerintah mengumumkan sekolah gratis,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge