0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ismed Curhat Usai Dilengser Dari Dirut RNI

Ismed Hasan Putro (dok.merdeka.com )

Timlo.net – Ismed Hasan Putro diberhentikan dari jabatan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Ismed mengakui kinerja perusahaan tahun 2013 dan 2014 memang menurun.

Namun, hal ini terjadi karena banyaknya gula rafinasi yang merembes ke pasar. Sejatinya, gula rafinasi hanya digunakan untuk pabrik saja.

“2012 kinerja kita sangat baik, 2013 dan 2014 menurun karena faktor gula Indonesia yang diserbu gula rafinasi. Tahun 2014 gula rafinasi malah menggantikan gula tebu,” kata Ismed, Kamis (7/5).

Menurut Ismed, perusahaannya yang banyak bergerak dalam penyaluran tebu tidak bisa bersaing dengan gula rafinasi yang dijual lebih murah. Bahkan Ismed tahun lalu selalu berteriak agar pemerintah menahan dan menertibkan gula rafinasi yang masuk pasar karena melanggar aturan yang ada.

“Seluruh BUMN tebu juga merugi. Kalaupun tidak merugi karena ada anak perusahaan mereka bekerja di luar wilayah (tebu),” katanya.

Namun demikian, Ismed tidak akan mempermasalahkan keputusan Rini Soemarno yang memberhentikan dia.

“Saya sudah melawan terus 2014, saya sudah bertempur masa lalu tapi tidak penting lagi. Kalau ini tidak jadi bagian referensi ya tidak apa apa,” jelasnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno sendiri menilai kinerja perusahaan pelat merah bergerak di bidang agroindustri, farmasi dan distributor alat kesehatan itu jeblok tahun lalu.

“Performa RNI sangat jelek di 2014, oleh karena itu dilihat karena situasi nggak kondusif kemudian diusulkan penggantian,” kata Rini.

Sayang, Rini enggan mengungkapkan lebih jauh perihal kepemimpinan Ismed di BUMN produsen kondom itu. Sejauh ini, Kementerian BUMN belum menemukan pengganti Ismed.

“Sekarang sedang diproses asesmen calon-calonnya,” ungkapnya. “Setelah dua minggu akan diputuskan.”

Ismed diangkat menjadi dirut RNI pada Maret 2012. Kala itu, Kementerian BUMN dipegang Dahlan Iskan. Menilik itu, masa jabatan Ismed seharusnya habis pada 2017.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge