0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPMPP Wonogiri Tarik Investasi Swasta Rp 1 Triliun

dok.timlo.net/aris a
Aktivitas produksi PT Naga Bhuana Aneka Piranti di Wonogiri (dok.timlo.net/aris a)

Wonogiri — Badan Pelayanan Modal Pelayanan Perizinan (BPMPP) Wonogiri menyatakan, tahun 2014 dan 2015 menjadi puncak kesuksesan investasi. Pasalnya, di dua tahun terakhir ini, BPMPP berhasil menarik investasi swasta asing dan dalam negeri mencapai Rp 1 triliun lebih. Atas dasar itulah usaha mikro dibebaskan dari dua retribusi.

“Kita berikan insentif dan kemudahan penanaman modal pada usaha mikro dan kecil. Bentuk insentif tersebut yakni pembebasan dan atau pengurangan retribusi izin mendirikan bangunan dan retribusi gangguan untuk usaha mikro,” ungkap Kepala BPMPP Wonogiri, Eko Subagyo, Kamis (7/5).

Dikatakan, untuk usaha skala kecil diberikan pengurangan retribusi IMB dan HO mulai dari 10 persen sampai 90 persen. Dijelaskan, tercatat 62 pengusaha mikro dan kecil telah merasakan insentif IMB dengan besaran rata-rata sebesar Rp 543.077 dan untuk retribusi izin HO terdapat 44 pengusaha mikro dengan rata-rata sebesar Rp 176.636.

“Sehingga pengusaha mikro dan kecil diWonogiri dapat berefisiensi dalam pendirian usaha sebesar Rp 719.713,” katanya.

Program realisasi investasi Kabupaten Wonogiri diklaim sangat positif meski secara geografis Wonogiri berada di daerah pinggiran. “Dalam kurun waktu lima tahun terakhir terdapat beberapa perusahaan besar yang berdiri di Wonogiri, seperti PT Libra Permana, PT Naga Buana, PT Arena Agro Andalan, PT Nesia dan PT Pan Pasific,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge