0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peraih Nilai UN Terbaik di SMPN 2 Karanganom Dihadiahi Kambing

dok.timlo.net/aditya wijaya
Hadiah kambing di SMPN 2 Karanganom, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Guna memotivasi siswa dalam menghadapi ujian nasional (UN), SMPN 2 Karanganom, Klaten menyiapkan “iming-iming” hadiah utama berupa seekor kambing bagi siswanya yang memperoleh nilai terbaik.

“Iming-iming kambing ini kami lakukan untuk memotivasi para siswa supaya saling bersaing dalam hal prestasi agar memperoleh nilai tertinggi saat menghadapi UN. Hadiahnya merupakan hasil iuran dari para guru,” kata Ketua
panitia UN SMPN 2 Karanganom, Edi Widodo, Kamis (7/5).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Edi, sudah lebih dari sepuluh tahun upaya ini dilakukan untuk memotivasi para siswanya. Bagi siswa yang mendapatkan nilai UN terbaik berhak mendapatkan hadiah kambing. Selain
kambing berjumlah dua ekor, sekolah juga menyiapkan dua unit sepeda gunung sebagai hadiah berikutnya, bagi empat siswa dengan nilai terbaik.

“Kami sengaja memilih kambing sebagai hadiah lantaran sebagaian besar siswa SMPN 2 Karanganom adalah anak petani. Harapannya, kalau tidak diternakan, kambing bisa dipelihara sebagai tabungan untuk biaya melanjutkan pendidikan ke jenang berikutnya,” lanjutnya.

Sementara salah seorang siswa, Nina Hanifah mengaku termotivasi untuk lebih giat belajar agar mendapatkan hadiah kambing. Kendati tidak menentukan kelulusan, dia bersama teman-temannya akan saling berlomba mendapatkan nilai terbaik.

“Meski tidak menentukan kelulusan, nilai UN bagaimana pun juga mempengaruhi kami saat memilih sekolah di SMA atau SMK. Kalau mendapatkan kambing, nanti biar orang tua saja yang memanfaatkannya,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge