0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mei 2015, Google Akan Perkenalkan Android M, Penerus Lollipop

Tampilan Android 5.0 di LG G3. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena.)

Timlo.net—Seperti yang dilakukannya selama beberapa tahun belakangan ini, Google akan merilis Android versi terbaru di konferensi developer tahunan I/O. Perusahaan itu belum mengkonfirmasi hal ini secara resmi. Tapi dalam jadwal acara terdapat sesi yang dikatakan sebagai perkenalan Android M. Tapi sesi ini lantas dihapus dari situs I/O Google.

Saat kali pertama diperkenalkan tahun 2014, Android 5.0 dikenal sebagai “Android L”. Baru beberapa bulan belakangan Google mengungkap bahwa L di sini adalah “Lollipop”. Sekalipun Android ini baru dipakai oleh 10 persen dari seluruh peralatan Android, Google malah justru mempersiapkan penerusnya.

Deskripsi sesi itu mengatakan bahwa Android M membawa kemampuan Android pada berbagai macam tempat kerja. Google sendiri sudah mulai membawa Android ke berbagai alat teknologi: ponsel, tablet, mobil, TV dan Chrome OS. Sepertinya mereka akan lebih fokus untuk membuat Android tersedia di dunia bisnis. Tentunya Google membutuhkan para pengembang aplikasi untuk menolong mereka mewujudkan hal ini.

Sesi lain dalam konferensi ini berfokus pada usaha perusahaan itu untuk memperbaiki pendekatan baru mereka terhadap notifikasi yang ada di Lollipop. Selain itu, ada juga sesi yang disebut “Voice Access”. Sepertinya Google ingin memberikan kontrol lebih pada para pengguna terhadap setiap fitur yang ada di aplikasi Android. Misalnya, memberikan kemampuan pada para pengguna untuk mengontrol aplikasi Android lain dengan suara.

Hardware seluler telah memakai layar sentuh sebagai input utama. Dan dengan satu miliar pengguna aktif Android, tidak ada tanda bahwa hal ini akan berhenti. Bagaimana jika Anda bisa menyediakan para pengguna sebuah metode baru untuk mengakses aplikasi Anda hanya dengan sedikit modifikasi? Kami memperkenalkan Voice Access, sebuah layanan yang memberikan siapapun akses ke peralatan Android mereka hanya dengan suara saja. Kami akan fokus pada langkah-langkah sederhana yang bisa diikuti oleh para pengembang untuk memastikan Voice Access menyediakan pengalaman yang optimal di dalam aplikasi mereka,” tulis Google.

Acara konferensi developer Google I/O ini akan digelar 28 Mei mendatang di Amerika Serikat (AS).

Sumber: The Verge.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge