0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masuk SMK, Nilai UN Bukan Syarat Utama

dok.timlo.net/red
Ilustrasi UJian Nasional (UN) (dok.timlo.net/red)

Sragen — Hasil nilai ujian nasional (UN) SMP atau sederajat tahun 2015 ini tidak menjadi syarat utama dalam pendaftaran ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sragen. Kepala SMK Negeri 2 Sragen, Sugiyarso mengatakan, pihaknya memberikan tes tambahan dan wawancara sebagai syarat diterima.

“Jadi hasil tes tambahan itu dikomparasikan dengan nilai UN peserta untuk menentukan rangking di jurusan yang dipilih. Jadi hasil UN bagus belum tentu lolos jika tes dari kami tidak memuaskan,” kata Sugiyarso saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (6/5).

Dia menjelaskan, setiap Tahun Ajaran (TA) baru pihaknya menerima 512 siswa. Mereka terbagai dalam 16 kelas dan enam jurusan, yaitu tehnik kontruksi kayu, tehnik kontruksi batu beton, tehnik instalasi tenaga listrik, tehnik komputer dan jaringan, tehnik mesin serta tehnik kendaraan ringan.

Namun demikian, pihaknya masih menunggu keputusan terkait rencana penerapan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di SMK oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen.

Hal senada dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Sambirejo Ahmad Dahlan. Pihaknya juga menambah tes kompetensi sesuai jurusan yang dipilih calon siswa. Hasil kompetensi akan digabungkan dengan nilai UN siswa sebelum dimasukkan ke dalam rumus penerimaan siswa. TA baru ini pihaknya bakal menerima 320 siswa dari jurusan Tehnik Kendaraan Ringan, Tehnik Multimedia dan Program Tata Busana.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge