0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Potensi Ekspor Indonesia ke Bulgaria

dok.merdeka.com
Kopi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Pengusaha lokal Bulgaria saat ini tengah gencar mengimpor kopi dan furnitur dari Indonesia. kopi Indonesia cukup diminati di Eropa dan sejak dua tahun lalu sudah mulai dipasarkan di masyarakat umum Jerman, Rusia dan juga di Inggris.

“Kopi Indonesia sangat enak dan taste (rasa) nya berbeda dengan produk serupa di Bulgaria,” kata salah satu pengusaha Bulgaria kepada importir kopi asal Tanah Air yang menetap di Bremen, Jerman, Tati Buesing-Kock, Selasa (6/5).

Dalam pelaksanaan business meeting di Bulgaria, produk kopi Indonesia diperkirakan memiliki nilai potensi ekspor hingga mencapai USD 223.000 atau setara Rp 2,9 Miliar per tahun.

Sementara itu, pengusaha funiture Gracia Jessica dari PT Benteng Berkat Makmur, Jakarta, mengatakan, minat masyarakat Bulgaria pada funiture Indonesia cukup besar karena kekhasan dari produk Indonesia yang mengunakan kayu berkualitas dan harganya cukup kompetitif dibandingkan dengan produk serupa dari negara lain.

“Saya senang dengan adanya showroom funiture Indonesia di Varna, karena menjadi representasi bagi produk khas dari negara kita yang kompeten di Eropa,” ujar Gracia.

Dikatakannya hal ini berkat adanya rekomendasi dan seleksi dari KBRI Sofia dan juga Kementerian Perdagangan RI. Dengan kehadiran di Bulgaria, dan juga adanya showroom akan menjadi pembuka jalan untuk mengakses produk funiture Indonesia khususnya di wilayah Eropa Tengah dan Timur.

Menurut Gracia, umumnya pasar Eropa cukup sulit dimasuki produk asal Indonesia, namun dengan adanya akses dan kerja sama yang solid antara KBRI, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri, pihaknya berhasil memasarkan produk funiture bahkan sampai ke Hungaria dan Rumania.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge