0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

‪10 Mei, Pesawat Edupark Tiba di Karanganyar

dok.timlo.net/nanang rahadian
Petugas menyiapkan landasan pesawat di Edupark Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Meski peresmian yang ditarget dilakukan pada 2 Mei lalu gagal, namun pihak pelaksana proyek memastikan bahwa pengadaan satu unit pesawat terbang dan dua helikopter yang akan ditempatkan di Taman Wisata Edukasi Dirgantara (Edupark) Karanganyar tepat waktu.

“Masa kontraknya berakhir 7 Juni. Informasinya 10 Mei mendatang diperkirakan pesawat sudah tiba di Karanganyar,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purwono saat ditemui wartawan, kemarin.

Purwono menambahkan, pesawat dan helikopter sudah disiapkan rekanan di Jakarta, untuk segera dikirim ke Karanganyar. Kondisinya dalam bentuk prethelan, kemudian dirakit di dalam lokasi Edupark.. Diperkirakan tanggal 10 Mei sampai di Karanganyar.

“Perakitan pesawat hingga jadi membutuhkan waktu sekitar 2 hari dan pengecatan diperkirakan 7 hari,” kata Purwono.

Tiga landasan sudah disiapkan untuk menempatkan satu pesawat dan dua helikopter tersebut, di Taman Pendidikan yang letaknya bersebelahan dengan Kolam Renang Intanpari itu.

“Rencananya, pada 20 Mei, proses untuk pesawat dan helikopternya sudah selesai,” tuturnya.

Untuk pesawat Boeing 737-200 yang didatangkan, masih lengkap dengan mesinnya. Sedangkan untuk dua unit helikopter, kondisinya tanpa mesin.

“Mesin pesawatnya nanti ditempatkan terpisah dengan body pesawat. Karena ini kan untuk edukasi. Sehingga pengunjung nanti bisa melihat, seperti apa mesin pesawat terbang, tidak hanya sekadar melihat body pesawatnya,” jelasnya.

Pengadaan sarana transportasi udara tersebut menyedot dana dari APBD 2015 senilai Rp 1,9 miliar. Jika pembangunan Edupark kelar, nantinya akan menjadi obyek wisata pendidikan baru di Karanganyar, melengkapi obyek wisata yang sudah ada sebelumnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge