0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sembilan WNA Diciduk Imigrasi

merdeka.com
WN Nigeria yang di kukut petugas (merdeka.com)

Timlo.net – Tim Gabungan yang terdiri dari petugas Imigrasi, kepolisian dan TNI menggelar sidak di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat, Selasa (5/5). Langkah ini digelar terkait kedatangan sejumlah warga negara asing (WNA) yang datang tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Sidak ini mengejutkan para WNA yang sedang bersantai di kawasan tersebut. Mereka yang mengetahui kedatangan petugas berupaya kabur saat digeledah. Salah satunya seperti yang dilakukan warga Nigeria berinisial CC.

Berkat kesigapan petugas, CC berhasil diringkus. Namun dia terus berontak dan berupaya menantang polisi.

“Saya mau lawan kau. Saya tahu berkelahi,” teriak CC ke arah petugas.

Tantangan itu tak digubris, petugas tetap memeriksa dompet dan ponsel CC.

“Yang disita dompet dengan HP. Dia overstay dua tahun,” ungkap Kasubsi Penindakan Imigrasi, Andi Ridwan Said di lokasi.

Disis lain, sembilan warga negara asing (WNA) diamankan tim gabungan Imigrasi Jakpus dan Kodim. Mereka ditahan karena tidak dapat menunjukkan bukti ijin tinggal selama berada di Indonesia.

“Total sembilan kita amankan karena tidak menunjukkan bukti izin tinggal,” terang Kasubsi Penindakan Imigrasi Andi Ridwan Said di lokasi, Selasa (5/5).

Dalam razia yang digelar sejak pukul 22.00 WIB itu, petugas telah menahan sejumlah WNA yang terdiri atas 2 warga AS, dan sisanya berasal dari Sudan, Kamerun, Nigeria, Swedia, Italia serta seorang lagi yang belum dipastikan identitas maupun asal negaranya.

Andi menambahkan, dari sembilan WNA tersebut, dua di antaranya merupakan Target Operasi selama enam bulan. WN asal Kamerun dan Nigeria tersebut sudah dipantau keberadaannya sejak tiga minggu lalu.

“Duanya sudah menjadi TO sejak enam bulan lalu. Kami sudah pantau sejak tiga minggu lalu di Petamburan tapi hasilnya nihil. Ketujuh WNA lainnya masih kita periksa di apartemen mereka,” tutur Andi.

[tyo]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge