0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juni, Pemkot Janji Tetapkan Pemenang Lelang TPA Putri Cempo

dok.timlo.net/dhefi
TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Awal Juni mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menentukan investor pemenang lelang investasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo.

“Awal Juni bisa kita tentukan diantara tiga investor ini mana yang layak,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Hasta Gunawan kepada wartawan, Selasa (5/5) saat Rapat Kerja Realisasi Kerja Triwulan I dengan Komisi II DPRD Solo di gedung dewan.

Dijelaskan Hasta, saat ini sudah ada tiga perusahaan swasta yang lulus prakualifikasi. Lantaran lulus prakualifikasi, hanya tiga perusahaan inilah yang boleh melakukan penawaran investasi. Tiga perusahaan itu yakni PT PPLI, PT CPS dan PT ZUG.

“Dokumen penawaran sudah kami kirim ke tiga perusahaan. Lima hari ini akan kami jawab tentang kesiapan kita,” ujarnya.

Hasta melanjutkan, investor yang layak selanjutnya dijadwalkan bisa menandatangai persetujuan kontrak dengan Pemkot. Nilai investasi yang ditawarkan mencapai Rp 417 miliar.

“Itu nilai yang kita pedomani. Bisa saja investor mengerjakan dengan biaya dibawah itu. Kan investor punya tenaga ahli sendiri, punya sarana prasarana awal atau punya teknologi sendiri,” jelasnya.

Hasta menambahkan, investor juga meminta jaminan dari Pemkot soal kepastian pembelian listrik hasil pembakaran sampah oleh PLN. Meskipun sebenarnya undang-undang sudah mengatur kewajiban PLN membeli listrik terbarukan.

“Mereka khawatir saat energi listrik sudah dihasilkan, penjualannya dilempar kesana kemari,” ungkapnya.

Disinggung manfaat yang diterima Pemkot, Hasta menjelaskan setidaknya ada tiga manfaat yang diperoleh Pemkot. Pertama, persoalan sampah teratasi. Kedua, warga sekitar TPA sudah tidak akan lagi terkena dampak sampah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge